Kejayaan Islam

Dalam kurun waktu tujuh abad Islam berkuasa di Spanyol umat islam telah mengukir massa keemasannya diberbagai bidang. Banyak prestasi yang telah diukirnya, bahkan pengaruhnya membawa eropa dan kemudian dunia pada kemajuan yang lebih kompleks.
A. Bidang Filsafat
Tokoh pertama dalam sejarah filsafat Arab – Spanyol adalah Abu Bakar Muhammad Ibnu Al – Sayiy. Ia dikenal sebagai Ibu Bajjah. Ia lahir di Zaragoza dan meninggal di Fez karena keracunan. Karya besarnya adalah An-Nafs dan risalah Al – Ittisal.
Tokoh kedua adalah ibu Tofail, ia lahir di Wadi Asy sebuah dusun kecil di sebelah timur Gracana dan wafat pada tahun 1185 M. Ibnu Tufail banyak menulis tentang kedokteran, astronomi, dan filsafat, karya filsapatnya yang sangat terkenal adalah Hayy Ibu Yaqzan.
Tokoh ketiga adalah Ibnu Rusyd seorang pengikut asristotels dalam bidang filsafat. Karya terbesarnya adalah Tahafut At – Tahafut.

B. Bidang Sains
Dalam bidang kedokteran, kita akan mengenal nama Wafid Al – Lakhmi, khalaf Az – Zahrawi, dan Zurh.
Dikalangan wanita, kita akan mengenal umm Al – Hasan, Abul Qasim Az – Zahrawi seorang dokter bedah dan menulis buku At – Tasrif sebanyak 30 jilid. Ibnu Khatimah, ahli penyakit malaria, Ammar Al – Marsudi adalah ahli mata.

C. Bidang Fiqih
Dalam bidang fiqih, banyak ahli fisik antara kurun : Abu Bakar Ibu Al – Qutiyah, Munzir Saidah Baluthi, dan Ibnu Hazm.



D. Bidang Musik dan Seni
Ibnu Nafi dijuluki zuryab, terkenal sebagai pengubah lagu.

E. Bidang Bahasa dan Sastra
Dengan majunya bahasa Arab, banyak kary-karya sastra bermunculan, misalnya Al – Iqa Al – Farid karya Ibnu Aba Rabbig, Az – Zakhirah Fi Mahasin Ahl Al – Jazirah karya Ibnu Bassam dan Kitab Al – Qala’id karya Al – Fath Ibn Khaqam.